Beranda

Jumat, 23 Agustus 2013

Diary OSKM ITB 2013 - Teguh


DIARY OSKM ITB 2013


 Berhubung ada tugas posting (yang diberitahukan secara tiba tiba dr kakak taplok 26), maka  inilah   postingan saya.....
 semoga bermanfaat

17 Agustus 2013
Upacara Bendera

 Hari ini hari pertama OSKM. Disuru ngumpul di SABUGA. Rame banget di lapangan parkirnya....kita ngumpul per fakultas kalo ga salah....trus ada MC yang ngasi intro ke kita.....terus kita di mobilisasi ke lapangan SARAGA buat upacara. Abis upacara kita dimobilisasi lagi ke SABUGA buat gladi resik Sidang Terbuka untuk menyambut dan melantik MABA. Tapi selain gladi resik, diselingi juga dengan info info penting kayak Bumi Medika Ganesha, terus fasilitas di ITB, dll. Hari itu ada juga placement test Bahasa Inggris buat yang jalur SNMPTN. Lumayan lah soalnya...susah susah gampang. Tapi capek banget deh abis placement test itu tenaga udah terkuras. Sebelum pulang kita dipertemukan dengan kakak TAPLOK yang lucu lucu dan baik.....senenglah masuk kelompok 26 pokoknya.

19 Agustus 2013
Sidang Terbuka

Pagi ini kita disuru ngumpul depan perpus, terus dimobilisasi ke SABUGA. Ada intro dari kakak OSKM, baru kita masuk terus nunggu sidang dimulai. Keren lah sidangnya ada pake paduan suara sama angklungnya. Di sidang itu selain ada pembukaan dari rektor, janji MABA, ada juga ceramah tentang Technopreneurship, yaitu gimana kita menggabungkan fasilitas teknologi demi membangun entrepreneurship di Indonesia. Abis sidang terbuka aku lupa ngapain lagi....kayaknya sih kumpul sama TAPLOK....tapi lupa ngapain ….

20 Agustus 2013
Opening OSKM 2013

Nah ini dia salah satu hari spesial. Paginya itu sebelum opening ada pengenalan fakultas dan prodi. Kalo aku FTSL di GKU Timur. Nah trus disini ini dibahas mengenai prodi prodi dan pengenalan mengenai apa yang bakal kita pelajari apa bila kita memilih tersebut,kita juga diberitahukan sekilas tentang apa apa saja prospek kerja untuk setiap prodi. Disini jg kita dikenalkan dengan dosen dosen wali untuk mahasiswa FTSL
Terus kan sorenya opening tuh, kita disuruh  kumpul di mana ya, aku lupa hehe , lalu kita dimobilisasi ke SARAGA. Capek banget larinya. Di lapangan udah banyak banget himpunan mahasiswa gitu, terus kita di tengah-tengah dan ada panggung di depan. Ada opening monolog, terus ada juga tari-tarian, dan ada monolog lagi dari presiden KM. Keren banget deh. Nah terus ada pengenalan himpunan mahasiswa dengan yell-yell masing2. Banyak yang keren tapi banyak juga yang gak kedengeran hehehe...terus karena uda malem kita dimobilisasi oleh TAPLOK untuk pulang.


21 Agustus 2013
SSDK tahap 1

Pagi itu ada 2 orang kakak yang akan jadi pembicara SSDK kami, namanya tuh . . . . . Lupa deh hehehe. Pembukaan SSDK dengan "senam pembaharuan"....biar ga ngantuk katanya....

 Kemudian kakak pemateri memberi intro tentang "apa kata orang akan mahasiswa ITB"
 beberapa pernyataan yang aku ingat adalah bahwa mahasiswa ITB itu...
 "Pintar tapi tidak pintar dalam teamwork"
 "Kemampuan komunikasi kurang baik"
 "Tidak bisa menyeimbangkan kegiatan akademik dengan kegiatan non akademik"
            Hmmm melihat kenyataan itu aku langsung mikir: apa entar aku juga bakal gitu? agak takut juga sih
Ada 3 poin utama yang ingin disampaikan oleh kakak pembicara demi mengatasi masalah di atas:

 Learning Passion, Timing & Compassing, How to be Adaptive

 1. Learning Passion
 Gimana kita bisa sukses di pelajaran kalo kita ga suka sama pelajaran itu. Pasti mindsetnya udah jelek. Maka kita harus ada motivasi walaupun kita ga suka sama suatu pelajaran dan merasa ga bisa disitu, kita harus ingat "Yakin bahwa kamu pantas duduk di kursi itu" karena kita sudah mengalahkan banyak siswa dari penjuru Indonesia untuk bisa masuk ITB.
Terus kita harus "Begin with the end in mind". Artinya kita udah harus punya visi kita mau jadi apa dan mau meraih apa kedepannya, kita harus memulai setiap hari/setiap tugas dengan tujuan yang jelas sehingga hasilnya sesuai dengan visi kita. Sedikit demi sedikit semua tugas itu akan mengantar kita ke goal yang kita mau.
            Kita juga harus mencari cara belajar yang efektif dan tepat/cocok bagi kita. Cara belajar yang efektif itu bisa dengan Critical Reading, yaitu membaca sambil berdiskusi, membaca secara objektif, membaca dengan melihat fakta & argumen kemudian membuat interpretasi sendiri, mencatat, dan mengevaluasi.
Membangun Learning Habit juga penting. "Procrastinate Now, Panic Later". Jangan pernah menunda tugas. Learning Habit harus dilakukan secara konsisten. Ada beberapa tips dalam Learning Habit yaitu: Stay Positive. Rajin baca. Batasi penggunaan teknologi. Tonton hiburan secukupnya. Belajar & Berdoa. Learning Habit mendeskripsikan 2 tipe cara belajar, yaitu pasif dan aktif. Yang pasif itu urutannya dari yang paling jelek sampe yang paling bagus (dalam arti paling membuat materi masuk di kepala): lecture < reading < audiovisual < demonstration. Kalo yang aktif dari yang paling jelek sampe yang paling bagus: group discussion < practice < teaching others.
Poin berikutnya dalam Learning Passion adalah PROACTIVE! udah tau lah ya gausa dijelasin kapan kita harus proaktif....kan udah mahasiswa kalo kita ga mulai inisiatif dari diri kita sendiri siapa lagi yang bakal ngenteni kita? kan ga ada guru2 kyk di SMA yang kejer2 deadline tugas, kasi tau semua informasi, dll.



 2. Timing & Compassing
Mengatur waktu dan mengarahkan tujuan. "Waktu bagaikan lilin, kita ga tau berapa lama waktu kita, yang penting kita harus memanfaatkannya sebaik mungkin"
 Bikin To-do List. Misalnya kan untuk tidur 7 jam, mandi (2 x 15 mnt), makan (3 x 30 mnt), perjalanan 1 jam, kuliah 9 jam, organisasi 2 jam, beribadah 1 jam, sisanya untuk sosialisasi & main.
Compassing -> Goal! pikirkan tujuan akhir dan commit to the next level. Jangan goal yang satu uda terpenuhi tapi brenti di situ aja trus gatau mau goal apa lagi. Untuk compassing, penting membuat visi dengan ciri2 SMART: Spesifik, Measurable, Action-oriented, Realistic, Time-bound (ada jangka waktu/deadline). Bikin juga visi jangka pendek kayak: tahun 1 mau ikut Unit apa dan IP mau brapa. tahun 2 mau ikut KM sama Unit apa. tahun 3 mau jadi asdos dan dapet beasiswa. tahun 4 mau skripsi IPnya brapa.
Kami dikasi tau juga tentang tabel yang kayak jendela yang kotak pertama "Penting dan Mendesak", kotak kedua "Penting tapi Tidak Mendesak", kotak ketiga "Tidak Penting tapi Mendesak", dan kotak keempat -"Tidak Penting dan Tidak Mendesak". Nah yang paling bagus dilakukan adalah hal-hal di kotak kedua yaitu "Penting tapi Tidak Mendesak" alias Quality Time contohnya nyicil tugas praktikum.
Ada juga Scheduling Strategy: Plan. Do. Check. Action. Serta tips2 untuk time management: Doing Tomorrow's Things, Trik 5 Menit (misal lagi belajar trus baru 1 jam mau udahan, kita bilang "5 mnt lagi deh" sampe akhirnya bisa 4 jam belajar), katakan TIDAK pada ajakan teman untuk hang-out, dan identifikasi hal yang paling buang waktu.
 Pokoknya inti dari Timing & Compassing adalah: Good grades, good social life, good sleep.

 3. How to be Adaptive
 ada 4 tahap untuk bersosialisasi dan beradaptasi dengan orang lain:
 -Kenali diri sendiri: tahu kelemahan dan kelebihan kita
 -Kendalikan diri: tahan emosi dan ego
 -Kenali orang lain: bukan cuma tau nama tapi juga kebiasaan dan sifat2nya
 -Kelola hubungan: jangan cuma kenal pas masi di skolah tapi jaga hubungan sampe gede karena penting untuk koneksi di dunia kerja. Koneksi adalah "valuable assets"
Tips untuk adaptasi: "Seek first to understand, then to be understood". Ngertiin orang lain dulu baru kita bisa nuntut untuk dimengerti.
Ada 3 hal yang harus kita tanyakan pada diri sendiri: "siapa yang anda kenal", "siapa yang kenal anda", dan yang terpenting adalah "siapa yang kenal dengan kemampuan kita".

22 Agustus 2013
SSDK tahap 2

Hari ini ada tambahan 1 kakak pembicara...tapi aku lupa nama ketiganya.....jadi ada 3 dengan kakak sebelumnya. Hari ini sih bukan tentang 3 tips mengatasi masalah anak ITB kyk kemaren, lebih ke informasi akademik. Ini aku urutkan:
 1. Layanan Akademik
 a. Surat izin/sakit/cuti = kalo lagi sakit sms ke temen tolong kasi tau ke dosen ijin, tapi WAJIB kasi surat keterangan dari dokter ke LTPB. Nah dari LTPB entar baru ada surat lagi buat kasi ke dosen.
 b. Surat Keterangan Kuliah = isinya "Nama......anak dari......adalah benar mahasiswa ITB fakultas......" gitu2 deh pokoknya gunanya itu untuk minta biaya pendidikan / beasiswa misalnya.
 c. Transkrip Nilai = bisa diliat di ol.akademik.itb.ac.id tapi untuk apply beasiswa butuh yang dicetak
 d. Jadwal kuliah
 e. Surat Pengantar Penelitian = biasanya untuk PKM (Pekan Kreativitas Mahasiswa) dan  penelitian yang butuh biaya -> dikasi Rp 12,5 jt

 2. Layanan Non Akademik
 a. Peer Counselor = memberi masukan mengenai masalah TPB tapi dari kakak kelas (misal bingung ada mata kuliah yang blom lulus mau minta tutor)
 b. Training Pengembangan Karakter (misalnya kayak SSDK ini)
 c. Layanan Jamal & Training Olah Raga (buat tuker tapi ada juga di TOKEMA: Toko Kesejahteraan Mahasiswa)

Terus kita dikasi tau juga peraturan akademik yang nilai IP TPB gaboleh dibawah 1.0 atau kalopun udah lebih dari 1.0 gabole ada yang E. Kalo sampe terjadi harus mengulang mata kuliah yang E tersebut di semester berikutnya. Tahun kedua dst IP gabole kurang dari 2.0.

 Sistem penilaian: Nilai ada beberapa kategori           A=4
AB=3.5
B=3
BC=2.5
C=2.0
D=1.0
E=0.0
 IP = jumlah (SKS x Nilai) / jumlah SKS
 SKS = 3 jam, 1 jam kuliah di kelas, 1 jam tutorial, 1 jam belajar mandiri

Perbaikan nilai -> tergantung dosen, ada yang mau kasi ada yang gamau. Bisa juga kalo nilai jelek kyk D/E di UTS dll, ambil UAS untuk perbaikin nilai (bisa aja UAS dapet AB)

Perwalian = bakal ganti pas penjurusan. Udah tau lah ya peran wali untuk kita, kayak tempat konsultasi dll. Jaga hubungan baik dan dekat dengan wali. Jangan pas ada maunya aja kayak tanda tangan tugas akhir.

Penjurusan: isi kuesioner 3 kali. kali yang ketiga gak isi, diambil yang kedua, yang kedua ga isi, diambil yang pertama, yang pertama ga isi, bakal ditempatin di prodi yang masi ada kursi. Cara penjurusan awalnya berdasarkan minat, lalu kuota, lalu IP.
Nah misalnya kuota Geologi (favorit) 80. Yang minat ada 110. Diurutin IP yang tertinggi sampe ke-80. Sisa 30 orang dilempar ke Geodesi misalnya, tapi biasanya Geodesi uda penuh juga dari penjurusan berdasarkan minat. Walopun 30 orang ini IPnya lebih tinggi daripada anak2 di Geodesi, tetep gabisa masuk karena yang masuk Geodesi yang diprioritaskan adalah peminat dulu. Maka dilempar-lemparlah sampe ke prodi yang masi ada kursi kosong. Makanya mendingan kalo nilainya ga bagus2 amat misal sekitar 2 komaan, sedangkan temen2 yang mau ke prodi favoritmu nilainya 3 komaan semua, kita pilih alternatif lain aja misalnya Geodesi atau Oseano. Oh iya kuesioner yang paling menentukan itu yang ketiga.

 Program Studi: ada sistem penomoran kuliah -> 5 digit
 contoh MA 1101
 MA = dari program studi matematika
            1 (yang pertama) = tingkat 1
            1( yang kedua) = hanya dibuka pada semester ganjil
            01 = I A (kalo 02 itu I B)

Untuk KELAS misal ada 4 kelas itu dibagi berdasarkan urutan NIM, dan berlaku sepanjang semester.
Untuk WAKTU: 2 digit / 4 digit
 digit pertama (1 s/d 5) -> menandakan HARI. 1= Senin, 2=Selasa, 3=Rabu, 4=Kamis 5=Jumat
 digit kedua (1 s/d 11) -> menandakan jam pelajaran.
 1 = 7.00 - 7.50
 2 = 8.00 - 8.50
 dst......
 11 = 17.00 - 17.50
 Kalau 21 22 artinya: Hari Selasa, Jam 7.00-7.50 lanjut 8.00-8.50 (alias dari jam 7.00-9.00)

Nah Terus Kita di ajakin keliling nih sama kakak kakak taplok, buat dikenalin ama gedung gedung perkuliahan di ITB bua mahasiswa TPB (khususnya)
 Terus ada juga website untuk cari rute angkot: kiri.travel.com
 ada website official itb lain : kemahasiswaan.itb.ac.id
                                                rileks.comlabs.itb.ac.id
                                                            groups.yahoo.com/group/agendaganesha
            Lalu abis keliling2 kampus, balik ke TVST, penutupan, terus pulang deh.


23 Agustus 2013
Seminar OSKM 2013

Hari ini acara dimulai pagi. Kami berkumpul di depan perpustakaan pusat pada pukul 5.50 lalu kami dimobilisasikan ke lapangan SARAGA. Ternyata pada pagi ini ada pemeriksaan kelengkapan spek. Awalnya kami kaget ketika diminta mengeluarkan kue nastar, helm, kaca spion dan foto keluarga dan kami dimarahi karena hanya ada beberapa anak yang membawa spek itu. Ternyata itu semua hanya acting dan candaan untuk menghangatkan suasana. Kegiatan pun dilanjutkan dengan senam pagi bersama dan pembentukan formasi #UntukIndonesia. Walau pun keadaan di lapangan berdebu dan sangat panas kami tetap bersabar dan semangat menjalaninya. Benar-benar berkesan deh!

Acara selanjutnya adalah penjelasan tentang UPT K3L yang menjelaskan mengenai peraturan di seputar lingkungan ITB dan layanan apa saja yang disediakan. Sesudah itu diadakan perkenalan OHU. ITB memiliki sekitar 82 unit kemahasiswaan, dimulai dari unit rumpun agama, kebudayaan, musik, olahraga, media, dan masih banyak lagi. Keragaman unit ini tentu dapat mengembangkan minat dan potensi mahasiswa di bidang akademik maupun non akademik yang tentunya sangat bermanfaat.

Setelah jeda makan siang, acara Seminar OSKM ITB 2013 pun dimulai. Kali ini kami kedatangan banyak tamu penting. Kak Maria Selena yang merupakan Putri Indonesia 2011 dan juga merupakan alumni SBM ITB menjadi moderator pada seminar kali ini. Pembicara pertama kami adalah Bapa Gita Wirjawan selaku Mentri Perdagangan. Kemudian dilanjutkan Pembicara kedua oleh Indra Hidayat yang menyampaikan materi mengenai WANADRI. Kemudian Pembicara ketiga kami adalah  Ibu Tri Mumpuni. Beliau membahas topik mengenai Integritas dan Kompetensi Alumni ITB untuk Kemandirian dan Kesejahteraan. Topik terakhir kami adalah mengenai riset Indie dari kak Saska.

Acara seminar OSKM 2013 ini dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan ditutup dengan pemberian plakat secara simbolis sebagai kenang-kenangan. Hari yang sangat panjang dan melelahkan, namun banyak hikmah dan hal penting yang kami dapat pada hari ini. Beberapa diantaranya adalah jangan pernah menyerah jika gagal, cintailah budaya Indonesia dan seimbangkanlah akal budi dengan hati nurani.


Teguh Ardianzah Jamal
16613170
FTSL





Tidak ada komentar:

Posting Komentar