DIARY OSKM ITB
2013
Berhubung ada tugas posting (yang
diberitahukan secara tiba tiba dr kakak taplok 26), maka inilah postingan saya.....
semoga bermanfaat
17
Agustus 2013
Upacara Bendera
Hari ini hari pertama OSKM. Disuru ngumpul di
SABUGA. Rame banget di lapangan parkirnya....kita ngumpul per fakultas kalo ga
salah....trus ada MC yang ngasi intro ke kita.....terus kita di mobilisasi ke
lapangan SARAGA buat upacara. Abis upacara kita dimobilisasi lagi ke SABUGA
buat gladi resik Sidang Terbuka untuk menyambut dan melantik MABA. Tapi selain
gladi resik, diselingi juga dengan info info penting kayak Bumi Medika Ganesha,
terus fasilitas di ITB, dll. Hari itu ada juga placement test Bahasa Inggris
buat yang jalur SNMPTN. Lumayan lah soalnya...susah susah gampang. Tapi capek
banget deh abis placement test itu tenaga udah terkuras. Sebelum pulang kita
dipertemukan dengan kakak TAPLOK yang lucu lucu dan baik.....senenglah masuk
kelompok 26 pokoknya.
19
Agustus 2013
Sidang Terbuka
Pagi ini kita disuru ngumpul depan perpus, terus dimobilisasi ke SABUGA.
Ada intro dari kakak OSKM, baru kita masuk terus nunggu sidang dimulai. Keren
lah sidangnya ada pake paduan suara sama angklungnya. Di sidang itu selain ada
pembukaan dari rektor, janji MABA, ada juga ceramah tentang Technopreneurship,
yaitu gimana kita menggabungkan fasilitas teknologi demi membangun
entrepreneurship di Indonesia. Abis sidang terbuka aku lupa ngapain
lagi....kayaknya sih kumpul sama TAPLOK....tapi lupa ngapain ….
20
Agustus 2013
Opening OSKM 2013
Nah ini dia salah satu hari spesial. Paginya itu sebelum opening ada
pengenalan fakultas dan prodi. Kalo aku FTSL di GKU Timur. Nah trus disini ini
dibahas mengenai prodi prodi dan pengenalan mengenai apa yang bakal kita
pelajari apa bila kita memilih tersebut,kita juga diberitahukan sekilas tentang
apa apa saja prospek kerja untuk setiap prodi. Disini jg kita dikenalkan dengan
dosen dosen wali untuk mahasiswa FTSL
Terus kan sorenya opening tuh, kita disuruh kumpul di mana ya, aku lupa hehe , lalu kita
dimobilisasi ke SARAGA. Capek banget larinya. Di lapangan udah banyak banget
himpunan mahasiswa gitu, terus kita di tengah-tengah dan ada panggung di depan.
Ada opening monolog, terus ada juga tari-tarian, dan ada monolog lagi dari
presiden KM. Keren banget deh. Nah terus ada pengenalan himpunan mahasiswa
dengan yell-yell masing2. Banyak yang keren tapi banyak juga yang gak
kedengeran hehehe...terus karena uda malem kita dimobilisasi oleh TAPLOK untuk
pulang.
21
Agustus 2013
SSDK tahap 1
Pagi itu ada 2 orang kakak yang akan jadi pembicara SSDK kami, namanya tuh
. . . . . Lupa deh hehehe. Pembukaan SSDK dengan "senam
pembaharuan"....biar ga ngantuk katanya....
Kemudian kakak pemateri memberi
intro tentang "apa kata orang akan mahasiswa ITB"
beberapa pernyataan yang aku ingat adalah
bahwa mahasiswa ITB itu...
"Pintar tapi tidak pintar dalam
teamwork"
"Kemampuan komunikasi kurang baik"
"Tidak bisa menyeimbangkan kegiatan
akademik dengan kegiatan non akademik"
Hmmm
melihat kenyataan itu aku langsung mikir: apa entar aku juga bakal gitu? agak
takut juga sih
Ada 3 poin utama yang ingin disampaikan oleh kakak pembicara demi
mengatasi masalah di atas:
Learning Passion, Timing & Compassing, How to be Adaptive
1. Learning Passion
Gimana kita bisa sukses di
pelajaran kalo kita ga suka sama pelajaran itu. Pasti mindsetnya udah jelek.
Maka kita harus ada motivasi walaupun kita ga suka sama suatu pelajaran dan
merasa ga bisa disitu, kita harus ingat "Yakin bahwa kamu pantas duduk di
kursi itu" karena kita sudah mengalahkan banyak siswa dari penjuru
Indonesia untuk bisa masuk ITB.
Terus kita harus "Begin with the end in mind". Artinya kita
udah harus punya visi kita mau jadi apa dan mau meraih apa kedepannya, kita
harus memulai setiap hari/setiap tugas dengan tujuan yang jelas sehingga
hasilnya sesuai dengan visi kita. Sedikit demi sedikit semua tugas itu akan
mengantar kita ke goal yang kita mau.
Kita
juga harus mencari cara belajar yang efektif dan tepat/cocok bagi kita. Cara
belajar yang efektif itu bisa dengan Critical Reading, yaitu membaca sambil
berdiskusi, membaca secara objektif, membaca dengan melihat fakta & argumen
kemudian membuat interpretasi sendiri, mencatat, dan mengevaluasi.
Membangun Learning Habit juga penting. "Procrastinate Now, Panic
Later". Jangan pernah menunda tugas. Learning Habit harus dilakukan secara
konsisten. Ada beberapa tips dalam Learning Habit yaitu: Stay Positive. Rajin
baca. Batasi penggunaan teknologi. Tonton hiburan secukupnya. Belajar &
Berdoa. Learning Habit mendeskripsikan 2 tipe cara belajar, yaitu pasif dan
aktif. Yang pasif itu urutannya dari yang paling jelek sampe yang paling bagus
(dalam arti paling membuat materi masuk di kepala): lecture < reading <
audiovisual < demonstration. Kalo yang aktif dari yang paling jelek sampe
yang paling bagus: group discussion < practice < teaching others.
Poin berikutnya dalam Learning Passion adalah PROACTIVE! udah tau lah ya
gausa dijelasin kapan kita harus proaktif....kan udah mahasiswa kalo kita ga
mulai inisiatif dari diri kita sendiri siapa lagi yang bakal ngenteni kita? kan
ga ada guru2 kyk di SMA yang kejer2 deadline tugas, kasi tau semua informasi,
dll.
2. Timing & Compassing
Mengatur waktu dan mengarahkan tujuan. "Waktu bagaikan lilin, kita
ga tau berapa lama waktu kita, yang penting kita harus memanfaatkannya sebaik
mungkin"
Bikin To-do List. Misalnya kan untuk tidur 7
jam, mandi (2 x 15 mnt), makan (3 x 30 mnt), perjalanan 1 jam, kuliah 9 jam,
organisasi 2 jam, beribadah 1 jam, sisanya untuk sosialisasi & main.
Compassing -> Goal! pikirkan tujuan akhir dan commit to the next
level. Jangan goal yang satu uda terpenuhi tapi brenti di situ aja trus gatau
mau goal apa lagi. Untuk compassing, penting membuat visi dengan ciri2 SMART:
Spesifik, Measurable, Action-oriented, Realistic, Time-bound (ada jangka
waktu/deadline). Bikin juga visi jangka pendek kayak: tahun 1 mau ikut Unit apa
dan IP mau brapa. tahun 2 mau ikut KM sama Unit apa. tahun 3 mau jadi asdos dan
dapet beasiswa. tahun 4 mau skripsi IPnya brapa.
Kami dikasi tau juga tentang tabel yang kayak jendela yang kotak pertama
"Penting dan Mendesak", kotak kedua "Penting tapi Tidak
Mendesak", kotak ketiga "Tidak Penting tapi Mendesak", dan kotak
keempat -"Tidak Penting dan Tidak Mendesak". Nah yang paling bagus
dilakukan adalah hal-hal di kotak kedua yaitu "Penting tapi Tidak
Mendesak" alias Quality Time contohnya nyicil tugas praktikum.
Ada juga Scheduling Strategy: Plan. Do. Check. Action. Serta tips2 untuk
time management: Doing Tomorrow's Things, Trik 5 Menit (misal lagi belajar trus
baru 1 jam mau udahan, kita bilang "5 mnt lagi deh" sampe akhirnya
bisa 4 jam belajar), katakan TIDAK pada ajakan teman untuk hang-out, dan
identifikasi hal yang paling buang waktu.
Pokoknya inti dari Timing & Compassing
adalah: Good grades, good social life, good sleep.
3. How to be Adaptive
ada 4 tahap untuk bersosialisasi
dan beradaptasi dengan orang lain:
-Kenali
diri sendiri: tahu kelemahan dan kelebihan kita
-Kendalikan diri: tahan emosi dan ego
-Kenali
orang lain: bukan cuma tau nama tapi juga kebiasaan dan sifat2nya
-Kelola
hubungan: jangan cuma kenal pas masi di skolah tapi jaga hubungan sampe gede
karena penting untuk koneksi di dunia kerja. Koneksi adalah "valuable
assets"
Tips untuk adaptasi: "Seek first to understand, then to be
understood". Ngertiin orang lain dulu baru kita bisa nuntut untuk
dimengerti.
Ada 3 hal yang harus kita tanyakan pada diri sendiri: "siapa yang
anda kenal", "siapa yang kenal anda", dan yang terpenting adalah
"siapa yang kenal dengan kemampuan kita".
22
Agustus 2013
SSDK tahap 2
Hari ini ada tambahan 1 kakak pembicara...tapi aku lupa nama
ketiganya.....jadi ada 3 dengan kakak sebelumnya. Hari ini sih bukan tentang 3
tips mengatasi masalah anak ITB kyk kemaren, lebih ke informasi akademik. Ini
aku urutkan:
1. Layanan Akademik
a. Surat
izin/sakit/cuti = kalo lagi sakit sms ke temen tolong kasi tau ke dosen ijin,
tapi WAJIB kasi surat keterangan dari dokter ke LTPB. Nah dari LTPB entar baru
ada surat lagi buat kasi ke dosen.
b. Surat
Keterangan Kuliah = isinya "Nama......anak dari......adalah benar
mahasiswa ITB fakultas......" gitu2 deh pokoknya gunanya itu untuk minta
biaya pendidikan / beasiswa misalnya.
c.
Transkrip Nilai = bisa diliat di ol.akademik.itb.ac.id tapi untuk apply
beasiswa butuh yang dicetak
d. Jadwal kuliah
e. Surat
Pengantar Penelitian = biasanya untuk PKM (Pekan Kreativitas Mahasiswa) dan penelitian yang butuh biaya -> dikasi Rp
12,5 jt
2. Layanan Non Akademik
a. Peer
Counselor = memberi masukan mengenai masalah TPB tapi dari kakak kelas (misal
bingung ada mata kuliah yang blom lulus mau minta tutor)
b. Training Pengembangan Karakter
(misalnya kayak SSDK ini)
c.
Layanan Jamal & Training Olah Raga (buat tuker tapi ada juga di TOKEMA:
Toko Kesejahteraan Mahasiswa)
Terus kita dikasi tau juga peraturan akademik yang nilai IP TPB gaboleh
dibawah 1.0 atau kalopun udah lebih dari 1.0 gabole ada yang E. Kalo sampe
terjadi harus mengulang mata kuliah yang E tersebut di semester berikutnya.
Tahun kedua dst IP gabole kurang dari 2.0.
Sistem penilaian: Nilai ada beberapa kategori A=4
AB=3.5
B=3
BC=2.5
C=2.0
D=1.0
E=0.0
IP = jumlah (SKS x Nilai) / jumlah SKS
SKS = 3 jam, 1 jam kuliah di kelas, 1 jam
tutorial, 1 jam belajar mandiri
Perbaikan nilai -> tergantung dosen, ada yang mau kasi ada yang
gamau. Bisa juga kalo nilai jelek kyk D/E di UTS dll, ambil UAS untuk perbaikin
nilai (bisa aja UAS dapet AB)
Perwalian = bakal ganti pas penjurusan. Udah tau lah ya peran wali untuk
kita, kayak tempat konsultasi dll. Jaga hubungan baik dan dekat dengan wali.
Jangan pas ada maunya aja kayak tanda tangan tugas akhir.
Penjurusan: isi kuesioner 3 kali. kali yang ketiga gak isi, diambil yang
kedua, yang kedua ga isi, diambil yang pertama, yang pertama ga isi, bakal
ditempatin di prodi yang masi ada kursi. Cara penjurusan awalnya berdasarkan
minat, lalu kuota, lalu IP.
Nah misalnya kuota Geologi (favorit) 80. Yang minat ada 110. Diurutin IP
yang tertinggi sampe ke-80. Sisa 30 orang dilempar ke Geodesi misalnya, tapi
biasanya Geodesi uda penuh juga dari penjurusan berdasarkan minat. Walopun 30
orang ini IPnya lebih tinggi daripada anak2 di Geodesi, tetep gabisa masuk
karena yang masuk Geodesi yang diprioritaskan adalah peminat dulu. Maka
dilempar-lemparlah sampe ke prodi yang masi ada kursi kosong. Makanya mendingan
kalo nilainya ga bagus2 amat misal sekitar 2 komaan, sedangkan temen2 yang mau
ke prodi favoritmu nilainya 3 komaan semua, kita pilih alternatif lain aja
misalnya Geodesi atau Oseano. Oh iya kuesioner yang paling menentukan itu yang
ketiga.
Program Studi: ada sistem penomoran kuliah
-> 5 digit
contoh MA 1101
MA = dari program studi
matematika
1
(yang pertama) = tingkat 1
1(
yang kedua) = hanya dibuka pada semester ganjil
01
= I A (kalo 02 itu I B)
Untuk KELAS misal ada 4 kelas itu dibagi berdasarkan urutan NIM, dan
berlaku sepanjang semester.
Untuk WAKTU: 2 digit / 4 digit
digit pertama (1 s/d 5) -> menandakan HARI.
1= Senin, 2=Selasa, 3=Rabu, 4=Kamis 5=Jumat
digit kedua (1 s/d 11) -> menandakan jam
pelajaran.
1 = 7.00 - 7.50
2 = 8.00 - 8.50
dst......
11 = 17.00 - 17.50
Kalau 21 22 artinya: Hari Selasa, Jam
7.00-7.50 lanjut 8.00-8.50 (alias dari jam 7.00-9.00)
Nah Terus Kita di ajakin keliling nih sama kakak kakak taplok, buat
dikenalin ama gedung gedung perkuliahan di ITB bua mahasiswa TPB (khususnya)
Terus ada juga website untuk cari
rute angkot: kiri.travel.com
ada website official itb lain :
kemahasiswaan.itb.ac.id
rileks.comlabs.itb.ac.id
groups.yahoo.com/group/agendaganesha
Lalu
abis keliling2 kampus, balik ke TVST, penutupan, terus pulang deh.
23
Agustus 2013
Seminar OSKM 2013
Hari ini acara dimulai pagi. Kami berkumpul di depan perpustakaan pusat
pada pukul 5.50 lalu kami dimobilisasikan ke lapangan SARAGA. Ternyata pada
pagi ini ada pemeriksaan kelengkapan spek. Awalnya kami kaget ketika diminta
mengeluarkan kue nastar, helm, kaca spion dan foto keluarga dan kami dimarahi
karena hanya ada beberapa anak yang membawa spek itu. Ternyata itu semua hanya
acting dan candaan untuk menghangatkan suasana. Kegiatan pun dilanjutkan dengan
senam pagi bersama dan pembentukan formasi #UntukIndonesia. Walau pun keadaan
di lapangan berdebu dan sangat panas kami tetap bersabar dan semangat
menjalaninya. Benar-benar berkesan deh!
Acara selanjutnya adalah penjelasan tentang UPT K3L yang menjelaskan
mengenai peraturan di seputar lingkungan ITB dan layanan apa saja yang
disediakan. Sesudah itu diadakan perkenalan OHU. ITB memiliki sekitar 82 unit
kemahasiswaan, dimulai dari unit rumpun agama, kebudayaan, musik, olahraga,
media, dan masih banyak lagi. Keragaman unit ini tentu dapat mengembangkan
minat dan potensi mahasiswa di bidang akademik maupun non akademik yang
tentunya sangat bermanfaat.
Setelah jeda makan siang, acara Seminar OSKM ITB 2013 pun dimulai. Kali
ini kami kedatangan banyak tamu penting. Kak Maria Selena yang merupakan Putri
Indonesia 2011 dan juga merupakan alumni SBM ITB menjadi moderator pada seminar
kali ini. Pembicara pertama kami adalah Bapa Gita Wirjawan selaku Mentri
Perdagangan. Kemudian dilanjutkan Pembicara kedua oleh Indra Hidayat yang
menyampaikan materi mengenai WANADRI. Kemudian Pembicara ketiga kami
adalah Ibu Tri Mumpuni. Beliau membahas
topik mengenai Integritas dan Kompetensi Alumni ITB untuk Kemandirian dan
Kesejahteraan. Topik terakhir kami adalah mengenai riset Indie dari kak Saska.
Acara seminar OSKM 2013 ini dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan
ditutup dengan pemberian plakat secara simbolis sebagai kenang-kenangan. Hari
yang sangat panjang dan melelahkan, namun banyak hikmah dan hal penting yang
kami dapat pada hari ini. Beberapa diantaranya adalah jangan pernah menyerah
jika gagal, cintailah budaya Indonesia dan seimbangkanlah akal budi dengan hati
nurani.
Teguh Ardianzah Jamal
16613170
FTSL
Tidak ada komentar:
Posting Komentar